Pengaruh Online Customer Review Dan Price Terhadap Purchase Decision Melalui Purchase Intention Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen The Originote Pada Official Store Di Shopee)

Authors

  • Divafaradhilah Diva ITB YADIKA PASURUAN
  • Ninik Churniawati

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i2.79

Abstract

The emergence of competition between marketplaces in the current digital era has caused each marketplace to implement superior marketing strategies to influence purchasing decisions. This makes the consumer review feature a major role in increasing insight regarding preferences regarding the desired product. With the goal of better understanding how purchase intention mediates the relationship between online customer reviews and pricing and final purchase choices, this research set out to do just that. The sampling technique use nonprobability sampling with the purposive sampling method. Eighty individuals were used as samples. This research use quantitative methods. Consumers' intent to buy mediates the effect of online customer reviews on their purchase decisions on Shopee marketplace users, and price and purchase intention both have an impact on consumers' final purchasing decisions. The conclusion is that a product's price and number of positive reviews have a direct correlation to the likelihood that a customer would make a purchase.

References

Databoks. (2023). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023.

Ramadhan, W. D., Rachmawati, I. K., & Alamsyah, A. R. (2023). Pengaruh word of mouth, digital marketing, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Jurnal Bina Manajemen, 11(2), 124-136.

Jamil, W., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Keamanan dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Lazada. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 746-751.

Maharani, N. (2015). Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk iphone di bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 12(1), 59-75.

Ardianti, A. N. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), .55-66.

Lintin, I. Y. (2024). Bedah Data Brand Viral: The Originote & Oatside dalam Markplus Conference 2024

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh online customer review, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (Studi kasus pada mahasiswa UBSI). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439-450.

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614-A619.

Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan).

Mulyana, S. (2021). Pengaruh harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online pada shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185-195.

Wulandari, P., Indriyani, F., & Napitupulu, R. L. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Skincare The Originote Kota Jakarta Barat. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 711-722.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Septyadi, M. A. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial,, 3(1), 301-313.

Tulangow, S. G. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35-43

Prihantini, S. &. (2023). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Journal of Management Research and Innovation, 2(2).

Alvionita, S. &. (2021). Pengaruh Celebrity endorsement,Brand Image dan Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO : Journal of Management&Business,4(1),374 385.https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445.

Japarianto, E. &. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee..JurnalManajemenPemasaran,,14(1),3543.https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.135-43.

Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 268–275.

Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis online consumer review terhadap keputusan pembelian pada e-commerce kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 274-280.

Sari, I. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) dan Online Consumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 20(2), 160-169.

Melati, R. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).

SADARWATI, A., & Diharto, A. K. (2023). Pengaruh social media marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen produk herbal SR12 di kabupaten boyolali) (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Khamdan, S. (2022). Pengaruh Merk, Fitur, Harga, Garansi Dan Rekomendasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. Lpmm Institut Teknologi Dan Bisnis (Itb)Yadika Pasuruan, Pp. 1- 12.

Muizzudin, M. &. (2020). Pengaruh sertifikasi halal, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian minuman Teh Botol Sosro (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Tinggi Islamic Village). Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance,, 10(2), 137-151.

Stevina, E. &. (2015). Pengaruh brand identity terhadap purchase intention,. 3(1), 1-8.

Hariyanto, H. T. (2021). Analisis pengaruh Online Customer Review, online customer rating, dan star seller terhadap kepercayaan pelanggan hingga keputusan pembelian pada toko online di Shopee. Jurnal Teknik ITS,, 9(2), A234-A239

Suryati, S. &. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian makanan pada rumah makan super chicken di jambangan kecamatan kedawung kabupaten sragen. Smooting, 291-297.

Khoirul Anwar, S. M. (2022). Pengaruh brand image, quality product dan harga terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pelanggan “nabila bg. Glow”porong, sidoarjo). Transparan, 14(2).

Azahra, F. &. (2023). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. Jurnal Economina, , 2(2), 678-691.

Bagas, B. S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Untuk Membeli Sebagai Variable Intervening. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 6342-6356.

Ngadimen, A. N. (2021). Pengaruh social media marketing, Online Customer Review, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di masa pandemi Covid-19 dengan minat beli sebagai variabel intervening. Journal of Management and Digital Business, , 1(2), 122-134.

Ayumi, B. &. (2021). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening (studi pada konsumen Hypermart paragon semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, , 10(2), 1169-1176.

Puspita, C. M. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, ,9(3), 268-275.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh social media marketing, brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152-159.

Vol. 16 No. 2 (2024): JURNAL TRANSPARAN

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Diva, D., & Ninik Churniawati. (2024). Pengaruh Online Customer Review Dan Price Terhadap Purchase Decision Melalui Purchase Intention Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen The Originote Pada Official Store Di Shopee). Transparan, 16(2), 13–27. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i2.79