PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI BERAS (STUDI PADA PELANGGAN SELEB BERAS H. FATUR REMBANG PASURUAN)

Authors

  • Ishak, SE., MSA

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.48

Keywords:

Kualitas Produk, Harga Produk, Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Beras

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dibidang pertanian terutama pada teknologi pengolahan hasil pertanian khususnya padi, membuat produktivitas padi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Maka diperlukan pula proses penggilingan padi yang banyak pula guna mencukupi kebutuhan tersebut. Terjadi penurunan tingkat penjualan untuk beberapa terakhir dikarenakan beberapa pelanggan berpindah ke seleb beras yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaru variabel dependen terhadap variabel independen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 51 pelanggan. Hasil uji instument menunjukkan semua valid dan reliabel. Lolos uji validitas dan reabilitas dan asumsi klasik. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial semua variabel dependen berpengaruh secara signifikan dan secara simultan variabel dependen yang terdiri dari kualitas produk, harga produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan secara simultan terhadap minat beli pelanggan membeli beras. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap minat beli.

References

Agustina maulidah. 2016. Skripsi Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada Zoya Diponegoro Surabaya). Surabaya : Universitas Islam Sunan Ampel Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah Surabaya.

Algifari. 2015. Mengukur Kualitas Pelayanan,dengan indeks kepuasan. Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta.

Assauri Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran, dengan indeks dasar, konsep, strategi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ilmi jainal. 2016. Skripsi Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen (Studi Kasus Pada Café Dan Restauran Day Avenue Banjarmasin). Banjarmasin : Institut Agama Islam Negri Antasari Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam JuruasanEkonomi Syariah Banjarmasin.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis, dengan indeks pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Singgih Santoso. 2015. Menguasai Statistik Parametrik. Jakarta : PT Elex Media KomputindoKelompok Gramedia, anggota IKAPI.

Tjiptono Fandy. 2012. Service managemen, dengan indeks Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta :nPerpustakaan nasional.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Ishak, SE., MSA. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI BERAS (STUDI PADA PELANGGAN SELEB BERAS H. FATUR REMBANG PASURUAN). Jurnal Transparan STIE Yadika Bangil, 15(2), 1–5. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.48