PENGARUH DESAIN, KUALITAS DAN GARANSI SEPEDA MOTOR MATIC TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DI KAMPUNG YADIKA BANGIL PASURUAN)

Authors

  • M. Mashudi Azrullah

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.40

Keywords:

Desain, Kualitas, dan Garansi terhadap minat beli masyarakat

Abstract

Di era globalisasi industri ini, masyarakat dimanjakan dengan kemudahan mendapatkan barang dan jasa yang akan memenuhi kebutuhan mereka. Dengan merebaknya berbagai industri di Indonesia membuat masyarakat menjadi semakin konsumtif. Tiap produsen bersaing untuk menguasai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia seperti motor matic berdasarkan hasil observasi dengan beberapa konsumen menyatakan bahwa salah satunya kemudahan dalam penggunaan. Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh desain, kualitas, dan garansi terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik purposive sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan alat bantu SPSS. Hasil menunjukkan bahwa antar variabel berpengaruh secara simultan dan secara parsial hanya variabel garansi berpengaruh signifikan, sedangkan desain dan kualitas berpengaru tidak signifikan. Disimpulkan bahwa variabel garansi berpengaruh lebih dominan terhadap minat beli, oleh karena itu perusahaan harus lebih meningkatkan garansi untuk dapat menarik kosnumen lebih banyak sehingga dapat meningkatkan penjualan.

References

Detasari, A. &. ( (2019)). Tingkat Electronic Word Of Mouth terhadap Kepercayaan Pembelian Online Konsumen Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis Asmi, , 3(1), 51-60.

Gozali.2013.Metodelogi Penelitian. Jakarta. Edisi Revisi.

Ghozali, I. (2016). Design Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hanoatubun, S. ( (2020)). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, , 2(1), 146-153.

Helen, H. &. ((2014).). Hubungan Customer Satisfaction dan Brand Experience Dengan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Pengelolaan Mal. Sociae Polites, , 15(1), 57-84.

Nusron A. (2019). Metodologi Penelitian. Bangil.

Nusron, A. (2018). Cara Mudah Mengelola Penelitian Kuantitatif. Pasuruan: STIE Yadika Bangil.

Sari, T. P. ((2020)). Pengaruh Perceived Penanganan Komplainquality Pada Media Sosial Terhadap Penanganan Komplainsatisfaction (Survei Pada Pelanggan Indosat IM3 Ooredoo Generasi Y). . Jurnal Administrasi Bisnis, , 78(1), 166-172.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Warsika, P. D. ( (2012)). Analisis penggunaan modal kerja dengan metode rentabilitas pada CV. Mulya Karya pada proyek dengan sistem pembayaran termin dan turn key. . Jurnal Ilmiah Teknik Sipil , Vol, 16(1).

www.Pengertian Jangka Waktu Pembayaran menurut para ahli. diakses pada tanggal 27 Maret 2021.

www.Jenis-jenis dan Fungsi Penanganan Komplainmenurut para ahli. diakses pada tanggal 27 Maret 2021.

www.Jenjang dan Segmentasi Loyalitas Konsumen menurut para ahli. diakses pada tanggal 27 Maret 2021

www.Manfaat Electronic Word Of Mouth menurut para ahli. diakses pada tanggal 28 Maret 2021

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

M. Mashudi Azrullah. (2023). PENGARUH DESAIN, KUALITAS DAN GARANSI SEPEDA MOTOR MATIC TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DI KAMPUNG YADIKA BANGIL PASURUAN). Jurnal Transparan STIE Yadika Bangil, 15(2), 1–8. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.40