PENGARUH SUASANA TOKO, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TOKO BUSANA DI KLOJEN MALANG)

Authors

  • Djoko Prasetyo Meinarto

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.44

Keywords:

suasana toko, promosi, lokasi dan Minat beli konsumen

Abstract

Kegiatan usaha pada dasarnya untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Para pemlik usaha dituntut memaksimalkan potensi yang ada agar bisa bertahan dalam persaingan usaha yang semakin ketat. Hasil observasi menunjukkan suasana toko kurang asyik, jarang ada promo dan lokasi terjangkau namun tempat parkir sempit. Penelitaian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengruh variabel dependen terhadapa variabel independen dengan populasi konsumen toko yang pernah melalukan pembelian lebih 2kali. Teknik sampel menggunakan non probabiliyi sampling dengan metode purposive samping. Pengumpulan data dengan kuesioner dan diolah dengan SPSS. Hasil menunjukkan antar variabel berpengaruh secara simultan tetapi secara parsial hanya ada dua variabel yaitu suasana toko dan Lokasi yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan satu variabel yaitu promosi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen. Disimpulkan bahwa variabel suasana toko berpengaruh secara dominan terhadap minat beli konsumen, untuk meningkatkan minat beli pengusaha harus memperhatikan suasana toko dengan melakukan inovasi terhadap ruangan toko.

References

Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Basu, S. 2010. Manajement Penjualan(edisi ke 3), Yogyakarta.: BPEE

Heizer, Jay. & Barry. Render. 2011. Manajemen Operasi, Edisi tujuh, Jakarta : Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Levy, M., &Weitz, B. A. 2012. Retailing Management Information Center. New York: McGraw Hill Higher Education

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Alfian Nugroho (2023). Peningkatan Keputusan pembelian dalam menarik minat beli ulang konsumen berbasis kualitas pelayanan, citra toko dan social influence.

Alvin Yerenia Effendy (2023). Pengaruh Costumer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari.

Rahma Seila (2017). Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan berdampak pada keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Djoko Prasetyo Meinarto. (2023). PENGARUH SUASANA TOKO, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TOKO BUSANA DI KLOJEN MALANG). Transparan, 15(2), 1–6. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.44