PENGARUH BRAND AWARENESS DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI REPURCHASE INTENTION (Study Kasus Pengguna Platfrom E-commerce Shopee di Kota Pasuruan)
DOI:
https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.43Keywords:
Pengaruh Brand Awareness, Customer Experience, Customer Loyalty, Repurchase Intention.Abstract
Loyalitas konsumen yang tinggi membuat Shopee berada pada peringkat pertama di tahun 2023, namun masih ada permasalah mulai dari gratis ongkir maupun permasalahan tentang eror sistem, hal inilah yang menjadikan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Pengaruh Brand Awareness dan Customer Experience terhadap Customer Loyalty melalui Repurchase Intention pada Pengguna Shopee di Kota Pasuruan. Penelitian Kuantitatif dengan teknik purposive sampling, penyebaran melalui G-form kepada 120 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh signifikan dan customer experience berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, brand awareness dan customer experience berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention, repurchase intention berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, repurchase intention mampu memediasi secara lengkap pengaruh brand awareness terhadap customer loyalty, repurchase intention mampu memediasi secara parsial pengaruh customer experience terhadap customer loyalty. Masih adanya toko offline yang beredar di masyarakat, membuat tidak ada pengaruh antara brand awareness terhadap customer loyalty.
References
Anis Nusron, S. M. (2019). Metodologi Penelitian Manajemen dan Akuntansi. Cv. Revka Prima Media.
Apriati, I. D. (2021). Pengaruh Green Product, Brand Image Dan Customer Experience, Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tupperware Di Kabupaten Kebumen). Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa.
Chinomona, R., & Maziriri, E. T. (2017). The influence of brand awareness, brand association and product quality on brand loyalty and repurchase intention: a case of male consumers for cosmetic brands in South Africa. Journal of Business and Retail Management Research,
Churniawati, N. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Masa Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Dengan Religius Sebagai Variabel Moderasi (Study Kasus Pada Karyawan Pt Miswak Utama). Jurnal Transparan STIE Yadika Bangil, 1(13), 18.
Dhurup, M., Mafini, C., & Dumasi, T. (2014). The impact of packaging, price, and brand awareness on brand loyalty. Evidence from the paint retailing: Acta Commercii, 1,
Eliasari, P. R., & Sukaatmadja, I. P. (2017). Pengaruh brand awareness terhadappurchase intention dimediasi oleh perceived quality dan brand loyalty. E-Journal Manajemen Unud, 6620- 6650.
Fiona, F. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan Drive in Senja. Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara.
Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 3(2).
Hardiawan, A. C. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Tokobagus. Com). Doctoral Dissertation, Undip; Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.
Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7, 28-36.
Latan, H., & Ghozali, I. (2016). Partial Least Square konsep, metode dan aplikasi menggunakan WarPLS 5.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Leni, Y. (2017). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang. Skripsi FE Universitas Sanata Dharma.
Nurcholis, L., & Ferdianto, R. (2021). How to expand repurchase intention? The intervening impact of attitude towards mobile shopping. . Binus Business Review, 12, 11-19.
Nurdianty, C. (2021). Pengaruh Pengalaman Pasien Dan Citra Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batujaya Karawang. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 665-672.
Pratama, T. P. (2021). Pengaruh Perceived Quality, Price Perception, Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Produk Olahraga Merek Specs Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb.
Sangadji, E. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset. Sari, N., & Santika, I. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Association, Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Produk Smartphone Merek Asus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 25409.
Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta. Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 10-21.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarPLS 7.0muntuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial bisnis. Semarang: Penerbit Andi.
Solimun, F. A., Fernandes, N., & Ahmad,
A. N. (2017). Metode Stastika Multivariat: Permodelan Persamaan (SEM) Pendekatan WarPLS. Malang: UB Press. Sugiyonoh. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: PT Alfabeta.
Tandarto, R., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Customer Loyalty dengan Celebrity Endorsement Raline Shah Sebagai Variabel Intervening TOP WHITE COFFEE di Surabaya. 4.
Wardaya, E. (2017). Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction dan Customer Trust pada Pelanggan Bengkel auto 2000 di Surabaya. Petra Business and Management Review.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anis Nusron, Adji Achmad Subadar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.