ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI SALAH SATU PERENCANAAN PENJUALAN DAN LABA (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA BUTIK DI PASURUAN)

Authors

  • Harfiahani Indah R N, SST.,M.SA
  • Khamdan Suriyok, SE., MSA

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.42

Keywords:

Penjualan, biaya tetap, biaya variabel, harga dan titik Impas perusahaan.

Abstract

Analisis Break Even Point merupakan teknik untuk menghubungkan biaya tetap, variable, laba, volume penjualan dan menafsirkan distribusi untuk membantu menjemen dalam mengambil keputusan. pengusaha perlu memperhatikan laba, biaya dan volume dalam menentukan perencanaan laba pengusaha untuk mencapai besanya target laba yang didinginkan. Tujuan penelitian untuk memeberikan gambaran perencanaan laba dan penetapan harga produk. Perencanaan tersebut untuk mengetahui titik impas melalui perencanaan penjualan dan laba bahwa perusahaan tidak untung atau menderita rugi. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan pemisahan biaya semivariabel sebesar Rp. 67.596.375. berdasarkan analisis perilaku biaya perhitungan total biaya sebesar Rp. 4.127.880.683 yang terdiri atas biaya tetap Rp. 179.021.529 dan biaya variable Rp. 3.948.859.154. Dengan analisis data pengusaha menginginkan kenaikan laba sebesar 20% dimana volume penjualan menjadi meningkat menjadi Rp. 18.948.630.036. kesimpulan hasil analisis Break Even Point hendaknya BEP digunakan untuk mengetahui titik impas sebuah perusahaan agar tidak menderita rugi dan tidak mendapat laba.

References

Abdul, Halim. (2015). Analisis Investasi. Salemba Empat, Jakarta.

Abdul Halim dan Bambang Supomo. (2015). Akuntansi Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE

Bambang Riyanto. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE

Carter Usry, 2021. Akuntansi Biaya, edisi ke 13, Buku Satu, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Chairul Marom, (2020), Sistem Akuntansi Perusahaan Dagang, Edisi ke-dua, Penerbit Grasindo, Jakarta

Handoyo Wibisono.2014. Manajemen Modal Kerja,Universitas Atmajaya,:Jakarta.

Hansen dan Mowen. 2016. Buku I Management Accounting Edisi 7. Jakarta : Salemba Empat

Henry Simamora, (2020), Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jilid 1, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Marshall B. Romney, Paul John Steinbart, 2016. Accounting Information System, Ninth Edition, Prentice Hall.

M. Muslieh, (2023). Manajemen Keuangan Modern,PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Nazir, Mohammad. 2023. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indo

Soehartono, Irawan. 2022. Metode Penelitian Sosial. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta

Supriyono. (2020). Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta:Erlangga.

Ribka Agustin (2012). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada PT. Ikanindo Rekatama Cipta.

Ira Puji Astutik (2019). Analisis Perencanaan Laba Menggunakan CVP (Cost Volume Profit) Pada PT. Atap Teduh Lestari Cabang Surabaya.

Mardhiyah Dwitami (2020). Analisis Break Even Point Sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Perencanaan Laba pada PT. Freight Express Medan.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Harfiahani Indah R N, SST.,M.SA, & Khamdan Suriyok, SE., MSA. (2023). ANALISIS BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI SALAH SATU PERENCANAAN PENJUALAN DAN LABA (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA BUTIK DI PASURUAN). Transparan, 15(2). https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.42