PENGARUH TRUST, PERCEIVED RISK TERHADAP INTENTION TO USE DENGAN USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA LAYANAN E –WALLET (Studi Pada Mahasiswa FEB ITB Yadika Pasuruan)
DOI:
https://doi.org/10.53567/jtsyb.v16i1.41Keywords:
Trust, Perceived Risk, Intention To Use, Usefulness dan E –WalletAbstract
Kepopuleran e-wallet berdampak besar bagi generasi milenial, termasuk mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, yang pasti praktis dan mudah digunakan akan semakin diminati, maka e-wallet bisa menjadi solusinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel dependen terhadap variabel independen dan variabel moderasi mampu memoderasi pengaruhnya variabel dependen terhadap variabel independen. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan sample rumus slovin, Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 89 Mahasiswa aktif Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Yadika Pasuruan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Trust dan Perceived Risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intention To Use, Usefulness mampu memperkuat pengaruh Trust dan Perceived Risk terhadap Intention To Use. Sehingga disimpulkan bahwa e-wallet memberi solusi kemudahan bagi mahasiswa melakukan transaksi karena bagi mahasiswa mereka tidak perlu membawa uang cash atau tunai untuk melakukan pembayaran kuliah secara offline sehingga Mahasiswa ITB Yadika Pasuruan dapat mengakses diberbagai tempat dan tidak terikat waktu serta ketersediaan fitur yang relevan, sehingga banyak Mahasiswa yang menggunakan e-wallet.
References
Adji, J., & Samuel, H. (2014). Pengaruh satisfaction dan trust terhadap minat beli konsumen (purchase intention) di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Antonius Prasetyo, A. M. N. W. (2022). Analisis Pengaruh Perceived Risk dan Trust terhadap Pengujian Behavioral Intention Mahasiswa Pengguna GoPay. Jurnal Exero.
Azwar, S. (2019). Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Pustaka Pelajar.
Baridwan, T. dan. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking. Jurnal Ilmiah Brawijaya.
Dewi, K. J. dan C. K. (2017). Kepercayaan dan Penerimaan Layanan Mobile Money T-Cash di Bandung dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Update. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, A. (2020). Komunikasi Pemasaran Digital. Erlangga. Laksana, G. B., Astuti, E. S., & Dewantara, R. Y.
(2015). Pengaruh Presepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan ,dan Kesesuaian Terhadap minat Menggunakan Mobile Banking.
Natarajan, T., Balasubramanian, S. A., & Kasilingam, D. L. (2018). The moderating role of device type and age of users on the intention to use mobile shopping applications. Technology in Society.
Putri, E. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Risk Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Wallet Ovo. Jurnal Manajemen Indonesia.
Putu Rico Pradana, G. B. R. (2019). Peran Perceived Usefulness Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Kota Denpasar. Ejmunud.
Sugiharto. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pada J&T Express Cabang Jember. Repository Universitas Jember.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12. Suryawirawan, O. A. (2020). Pengalaman Berbelanja Di E-Commerce Terhadap Niatan Mahasiswa Untuk Mengadopsi E-Commerce Di Masa Depan: Pendekatan Tam Dan Self-Efficacy. Manajemen Dan Bisnis.
Triani, M. R., & Moeliono, N. N. K. (2019). Pengaruh Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Dan Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Use Pada Aplikasi Mobile Tiket. Jurnal Eproceedings Of Management.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khamdan Suriyok, SE., MSA, Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.