PENGARUH LIFESTYLE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KARYAWAN PT. HALIMJAYA SAKTI V)

Authors

  • Masito
  • Anis Nusron

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.34

Keywords:

Lifestyle, Brand Awareness, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Pada hakikatnya wanita dan pria selalu ingin tampil cantik dan tampan, hal inilah yang menyebabkan banyaknya produk skincare, salah satunya skincare MS Glow. Namun beberapa pengguna skincare MS Glow pada karyawan PT. Halimjaya Sakti V mengalami keluhan setelah pemakaian skincare MS Glow. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh lifestyle dan brand awareness terhadap keputusan pembelian, pengaruh lifestyle dan brand awareness terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian, pengaruh lifestyle dan brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan mediasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Halimjaya Sakti V sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lifestyle berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, lifestyle dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, lifestyle berbengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi.

References

Amalia, A. Z., Djoko, H., & Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel ntervening Pada Kartu Gsm Prabayar Simpati (Studi Kasus Pada Konsumen Kecamatan Pedurungan). Jurnal lmu Administrasi Bisnis, 6(3), 45– 56.

Basu Swasta, Dharmesta dan rawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. LPPM STIE YADIKA 2021 Page 9

Darmianti, M., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Konsumen Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal lmu Administrasi Bisnis (JIAB), 8(4), 287–299.

Dhurup, M., Mafini, C & Dumasi, T. (2014). The mpact of packaging, price, and brand awareness on brand loyalty . Evidence from the paint retailing: Acta Commercii 4 (1), Art.

Durianto, Darmadi dkk. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Keller. K. Line. (2012). Pemasaran marketing. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis

Krisnadwipayana, 4(1). Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh slamic Branding, Kualitas Produk, Dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare Pada Generasi Millenial Di Kabupaten Kudus. Jurnal Bisnis Dan Manajemen slam, 8(2), 289–302.

Luthfianto Dawud, Suprihhadi Heru. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Café Jalan Korea. Jurnal mu dan Riset Manajemen, Vol. 6 No.2.

Muhajirin, smunandar & Kamaluddin. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Bollt Departemen Store Di Kota Bima. Jurnal AKRAB JUARAVolume 3 Nomor 3 Edisi Agustus, 134-152.

Nasti, N. (2017). Pengaruh Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi Pada Mahasiswa Fe Uisu Prodi Manajemen). Jurnal Uisu, 7(2), 1–8.

Nusron, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jiwa Kewirausahaan. e- Jurnal Kewirausahaan, 3(1).

Syamsiah, S. N., Muttaqien, F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis Pengaruh Brand mage, Brand Awareness Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko Sj Tempeh Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management,, 1(1), 114–126.

Umboh, S. O., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2015). Analisis Kualitas Produk, Brand mage Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1096–1105.

Winardi. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Masito, & Nusron, A. (2023). PENGARUH LIFESTYLE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MS GLOW DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA KARYAWAN PT. HALIMJAYA SAKTI V). Transparan, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.34