PENGARUH FIRM SIZE, INFLASI DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN

Authors

  • Mochamad Rizal Yulianto

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.33

Keywords:

Firm Size, Inflasi, Non Performing Loan (NPL), Perbankan Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstract

Perkembangan perusahaan perbankan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang baik seiring juga dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dari tahun ke tahun. Akan tetapi hal tersebut terdapat pula dampak yang tidak baik bagi perusahaan perbankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel Firm Size, Inflasi dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Profitabilitas Perbankan. Pendekatan penelitan menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai penjelas hubungan antar variabel penelitian. Perusaahan perbankan yang dijadikan sebagai objek penelitian merupakan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Hasil penelitian yang didapatkan yakni adanya pengaruh pada variabel Firm Size dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh terhadap Profitabilitas Perbankan. Sedangkan pada variabel Inflasi tidak memberikan hasil atau tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas Perbankan.

References

Amalia, A. Z., Djoko, H., & Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel ntervening Pada Kartu Gsm Prabayar Simpati (Studi Kasus Pada Konsumen Kecamatan Pedurungan). Jurnal lmu Administrasi Bisnis, 6(3), 45– 56.

Basu Swasta, Dharmesta dan rawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. LPPM STIE YADIKA 2021 Page 9

Darmianti, M., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Konsumen Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal lmu Administrasi Bisnis (JIAB), 8(4), 287–299.

Dhurup, M., Mafini, C & Dumasi, T. (2014). The mpact of packaging, price, and brand awareness on brand loyalty . Evidence from the paint retailing: Acta Commercii 4 (1), Art.

Durianto, Darmadi dkk. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Keller. K. Line. (2012). Pemasaran marketing. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Merek Aqua (Studi Pada Masyarakat Di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis

Krisnadwipayana, 4(1). Kusuma, A. M., Hikmah, M. A., & Marom, A. (2020). Pengaruh slamic Branding, Kualitas Produk, Dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare Pada Generasi Millenial Di Kabupaten Kudus. Jurnal Bisnis Dan Manajemen slam, 8(2), 289–302.

Luthfianto Dawud, Suprihhadi Heru. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Café Jalan Korea. Jurnal mu dan Riset Manajemen, Vol. 6 No.2.

Muhajirin, smunandar & Kamaluddin. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Bollt Departemen Store Di Kota Bima. Jurnal AKRAB JUARAVolume 3 Nomor 3 Edisi Agustus, 134-152.

Nasti, N. (2017). Pengaruh Harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi Pada Mahasiswa Fe Uisu Prodi Manajemen). Jurnal Uisu, 7(2), 1–8.

Nusron, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jiwa Kewirausahaan. e- Jurnal Kewirausahaan, 3(1).

Syamsiah, S. N., Muttaqien, F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis Pengaruh Brand mage, Brand Awareness Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko Sj Tempeh Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management,, 1(1), 114–126.

Umboh, S. O., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2015). Analisis Kualitas Produk, Brand mage Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1096–1105.

Winardi. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Mochamad Rizal Yulianto. (2023). PENGARUH FIRM SIZE, INFLASI DAN NON PERFORMING LOAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN. Transparan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.33