PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA TEGEL REMBANG PASURUAN)

Authors

  • Ishak, SE., MSA

DOI:

https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.30

Keywords:

Kualitas produk, harga produk kualitas pelayanan pada pelanggan.

Abstract

 

Berdasarkan hasil observasi menyatakan bahwa pendapatan mengalami penurunan dikarenakan persaingan usaha semakin ketat ditambah dengan konsumen tegel semakin menurun karena beralih pada keramik dan granit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli pada pelanggan dengan fokus penelitian kasus pada pengusaha Tegel Rembang Pasuruan Tegel Pasuruan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Dengan jumlah responden 76 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil uji instrument menunjukkan semua variable valid dan reliable dan lolos uji asumsi klasik. Hasil dari uji-F menunjukkan terdapat pengaruh secara bersama-sama antar variabel. Hasil uji-t menunjukkan ada pengaruh secara signifikan pada semua variabel yaitu kualitas produk, harga produk dan kualitas pelayanan. Dengan demikian variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat beli pada pelanggan yaitu kualitas pelayanan. Kesimpulan bahwa hasil pengujian baik secara simultan maupun parsial semua variable dependen berpengaruh terhadap variabel independen.

References

Algifari. 2015. Mengukur Kualitas Pelayanan, dengan indeks kepuasan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Anwar Prabu mangkunegara, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. EdisiKesepuluh, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.(Edisi Revisi) Jakarta : Rineka Cipta.

Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta : ANDI

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan progam IBM SPSS 21. Edisi,7, Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Hartimbul, Nembah F Ginting. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV Yrama Widya.

Peter, J. Paul Dan Jerry C Olson. 2013. PerilakuKonsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan. Jakarta : Erlangga

Kotler, Phillip dan Garry Amstrong. 2012. Prinsipprinsip pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2010, Manajemen Pemasaran. Jakarta penerbit Erlangga. Peter. J Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta Selatan : Salemba Empat.

Prabu. A.A. Anwar Mangkunegara. 2012. Prilaku Konsumen. Bandung : PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif & RND. Bandung :Alfabeta

Tjiptono, Fandi. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta : Gramedia cawing.

.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ishak, SE., MSA. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PADA PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA TEGEL REMBANG PASURUAN). Transparan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.53567/jtsyb.v15i1.30